Manajemen Program Latihan Bulu Tangkis di Masa Pandemi Covid-19

  • Lismadiana Lismadiana Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
  • sujarwo - jarwo universitas negeri yogyakarta
  • Akhmad Wacana Sidik Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program latihan bulu tangkis di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket.  Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet yang masih aktif pada dua klub bulu tangkis yang berada di kabupaten Bantul yaitu PB Manunggal dan Bantul Badminton Club diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program latihan atlet bulu tangkis dalam masa pandemi covid-19 pada dua klub bulu tangkis di Kabupaten Bantul yaitu, PB Manunggal dan Bantul Badminton Club berdasarkan faktor perencanaan dengan persentase sebesar 82,41% masuk kategori baik, organisasi pesentase sebesar 80,85% masuk kategori baik, pelaksanaan persentase sebesar 87,28% masuk kategori baik, dan pengawasan persentase sebesar 84,42% masuk kategori baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Glendoh, S. H. (2000). Fungsi Pengawasan dalam Penyelenggaraan Manajemen. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 43 - 56.

Harsono. (2004). Perencanaan Program Latihan. Bandung: CV. Kusuma.

Kristiawan, M., Safitri, D., Lestari, R., Ahmad, S., Tobari, H., & Harapan, E. (2017). Manajemen pendidikan . Yogyakarta: Deepublish.

Oemar, T. M. (2019). Evaluasi program latihan atlet puslatda cabang olahraga renang NTB. urnal Prestasi Olahraga, 1-11.

Pramesti, M. W. (2016). MOTIVASI : PENGERTIAN, PROSES DAN ARTI PENTING. Gema Eksos, 19-38.

Prasetyo, B. B. (2013 ). Manajemen Pembinaan Pretasi Cabang Olahraga Bulutangkis di Klub PB. Surya Baja Tulungagung. Jurnal Prestasi Olahraga, 1-10.

Saragih. (2016). Program latihan adalah suatu proses berlatih yang berencana, menurut jadwal, menurut pola dan sistem tertentu, metodis, dari yang mudah kesukar, teratur, dari sederhana ke yang lebih komplek yang dilakukan secara berulang-ulang dan kian hari jumlah beban latihannya kian bertambah. http://digilib.unimed.ac.id

Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan – Anas Sudijono. Jakarta: Rajawali Pers.

Tampubolon, P. (2018). Pengorganisasian Dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional 4, 23-25.

Watt, D. (2003). Sports Management and Administration. London: Routledge.

Widoyoko, S. E. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Williyanto, S. (2016). Manajemen Pembinaan Prestasi Pada Klub Bulutangkis Se-Kabupaten Wonosobo. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 82-84.

Published
2021-07-14
How to Cite
Lismadiana, L., jarwo, sujarwo, & Sidik, A. (2021). Manajemen Program Latihan Bulu Tangkis di Masa Pandemi Covid-19. Sport Science, 21(2), 136-145. https://doi.org/10.24036/JSOPJ.72

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.