The Influence of Learning Discipline, Nutritional Status, Physical Fitness and Parenting Patterns on Learning Outcomes of Students' Sports and Health Education (PJOK) in the New Normal Period at SMP Negeri 2 Airpura
Learning outcomes
Abstract
The main objective of this study was to examine the effect of learning discipline, nutritional status, physical fitness and parenting style on the learning outcomes of students' physical education, sports and health (PJOK) during the new normal period at SMP Negeri 2 Airpura. This research uses quantitative methods. The population taken in this study were students of class VII, VIII, and IX totaling 195 students. The sample was obtained through stratified random sampling so that the respondents in this study were taken 15% of the population in class VII, VIII, IX and totaled 29 respondents. The data analysis technique used is path analysis which is divided into 2 paths, namely sub-structure I and sub-structure II. Data were collected through a questionnaire with a Likert scale measurement. The findings show that there is a direct and significant influence of learning discipline on learning outcomes of PJOK of 0.367. The direct and significant effect of nutritional status on learning outcomes of PJOK is 0.241. The direct and significant effect of physical fitness on learning outcomes of PJOK is 0.220. The direct and significant effect of parenting style on learning outcomes of PJOK is 0.384. The indirect effect of learning discipline on learning outcomes through parenting is 0.468. The indirect effect of nutritional status on learning outcomes through parenting is 0.402. The indirect effect of physical fitness on learning outcomes through parenting is 0.319. The significant influence between learning discipline, nutritional status, physical fitness, and stimulant parenting of parents on learning outcomes of PJOK is 0.466. So it can be concluded that the dominant influence that is able to influence learning outcomes both directly and indirectly is learning discipline with a total of 21.90%.
Downloads
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan model pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta: restasi pustakaraya.
Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science, 23(28), 1–15. http://repository.unp.ac.id/16172/1/SPORT-28.pdf
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dasmo,Dkk. 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang TuaTerhadap Prestasi Belajar Ipa. Jurnal Formatik. Vol.2. No 2.
Haryoko, dkk. 2013. Pembuatan media pembelajaran aksara jawa pada sekolah dasar negeri 2 gunan wonogiri kelas VI : Jurnal teknologi informasi dan komunikasi.Vol 4 No. 1.
Redawati, R., & Asnaldi, A. (2017). Persepsi Guru-Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan. Sport Science, 17(1), 10–18. https://doi.org/10.24036/JSS.V17I1.1
Richi, A. P., & Asnaldi, A. (2017). Studi Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Sport Science, 17(2), 92–100. https://doi.org/10.24036/jss.v17i2.11
Pekik, Djoko Irianto. 2004. Bugar dan Sehat Dengan Olahraga. Yogyakarta : Andi Offset.
Purwanto, dkk. 2006. Pentingnya pelaksanaan administrasi pembelajaran pendidikan jasmani di Smu : jurnal pendidikan jasmani indonesia. Vol:5No.1.
Yulifri, Y., Nurini, N., Asnaldi, A., & Umar, A. (2019). Study of Motor Ability in Grade V Students of Elementary Schools 03 Ikur Koto, Kecamatan Koto Tangah. Jurnal MensSana, 4(2), 148–155. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.98
Copyright (c) 2021 Sport Science: Jurnal Sains Olahraga dan Pendidikan Jasmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.