Hubungan Kelincahan dengan Kecepatan Dribbling dalam Pengembangan Diri Cabang Sepakbola
Abstract
Di dalam olahraga sepakbola kondisi fisik merupakan salah satu faktor untuk seorang atlet yang ingin berprestasi. Salah satu di antara faktor tersebut adalah kelincahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelincahan terhadap kecepatan dribbling dalam pengembangan diri cabang sepakbola di SMP Semen Padang.
Penelitian ini bersifat korelasional yaitu untuk mengetahui seberapa jauh suatu variabel berkaitan dengan variabel yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Semen Padang, karena total populasi berjumlah 30 orang maka pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan Dodging run tes untuk mengukur kelincahan dan tes kecepatan dribbling. Data yang diperoleh di analisis dengan rumus Product Moment dan untuk mengetahui kontribusi ditentukan dalam koefisien determinan.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil koefisien korelasi rhitung= 0.798 > rtabel= 0.361 (hipotesis penelitian diterima) dan pengujian pengaruh korelasi diperoleh ttabel = 7.002 > ttabel = 1.70 (signifikan). Dari hasil penelitian ini membuktikan: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kelincahan dengan kecepatan dribbling sepakbola siswa SMP Semen Padang, 2) Terdapat kontribusi antara variabel kelincahan terhadap kecepatan dribbling sebesar 63,68%. Sehubungan dengan temuan ini beberapa upaya disarankan pada pelatih dan atlet untuk tidak mengabaikan kelincahan dalam upaya menciptakan dribbling yang optimal.
Downloads
References
Arma, Abdullah. (1985). Olahraga Untuk Pelatih, Pembina Dan Penggemar. S.T.O. Yogyakarta: Sastro Hudaya
Arsil, (1999). Pembinaan Kondisi Fisik. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Coever, W. (1987). Sepakbola Program Pembinaan Pemain Ideal. Jakarta: Gramedia.
Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djezed, Zulfar. (1998). Buku Pelajaran Sepakbola. Padang : FPOK IKIP Padang.
Hadi, Sutrisno. (1984). Statistic Jilid II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
Harsono. (1993). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Marsial, (1993). Teori Kuliah Belajar Aktif. Padang: Aksara Raya.
Menegpora RI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Indonesia. Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
Muluk,Dangsina, dkk. (1984). Kesehatan Olahraga. Jakarta: Fakultas Kedokteran UI
Nurhasan, (1988). Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga . Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti
Penetapan Parameter Test Pada Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Sekolah Khusus Olahragawan, Deputi Peningkatan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Olahraga (2005)
Poerwadarminto. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Bahasa
Prasetio, Budhi N. (1975). Sejarah Sepakbola Dan Sejarah FIFA. Jakarta: PSSI
Sudjana. (1992). Metode Statistic. Bandung: Tarsito, Bandung.
Sajoto,Mochamat. (1988). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan.
Soejadanto, Agus. (1981). Bimbingan Kearah Belajar Yang Sukses. Surabaya: Angkasa Baru
Sumosardjono, Sadoso. (2000). Kesehatan Olahraga. Jakarta: PT Erlangga
Syafruddin, (1996). Dasar-Dasar Kepelatihan Olahraga. Padang FIK UNP Padang
Tim Pengajar Sepak Bola. (2003). Buku Ajar Sepakbola. Padang: FIK UNP
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.