Survei Motivasi Atlet Dalam Mengikuti Program Latihan di Klub Bolavoli Se Karisidenan Kediri
Abstract
Motivation is important for athletes in participating in training programs, because motivation is a concept that explains the reasons for someone to behave and as encouraging someone to do something to achieve the goals they want to achieve, with the great motivation of athletes in following training programs will achieve optimal success of the training program. The purpose of this study was to determine the level of motivation of athletes in participating in training programs at the Volleyball Club in Karisidenan Kediri. This research is a descriptive quantitative approach. The population of this study were all athletes in Karisidenan Kediri including athletes in the Volleyball Club in Tulunggagung, Blitar, Kediri City and Kediri Regency, with a sample size of 77 athletes and the sampling technique was quota sampling technique. The instrument in this study used a validated questionnaire. Descriptive quantitative data analysis techniques. The results of this study indicated that 66% of the athletes' intrinsic motivation in participating in the training program at the volleyball club was moderate. Meanwhile, 57% of the athletes' extrinsic motivation in participating in the training program at the volleyball club was moderate. From these results it can be concluded that intrinsic motivation is more dominant than extrinsic motivation in influencing the learning motivation of athletes in participating in training programs at the Volleyball Club in Karisidenan Kediri.
Downloads
References
Arikunto, S. 2011. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2014. Dasar-Dasar Evaluas Pendidikan. Edisi revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Catharina dkk, Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Semarang Pres
Dimyati, Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Antariksa
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Jambi : Rosdakarya
Muharram, Nur Ahmad dan Kurniawan, Wing Prasetya. (2019) Pengembangan Model Latihan Fartlek Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Pemain Bolavoli (Studi Pengembangan Pada Pemain Bola Voli Putra Tingkat Intermediet Di Kota Kediri). Jurnal Pendidikan Kahuripan. (2) 1 : 50-60.
Suaidah, Noviatus, Bekti, Ruruh Andayani dan Muharram, Nur Ahmad, (2020). Penerapan Modifikasi Bola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Servis Bawah Permainan Bolavoli Mini Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Made Lamongan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Olahraga. (1) 1 : 57-61
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudijandoko, Andun. 2010. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 7 (1).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Copyright (c) 2021 Rendy Ramanda Sandika Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.