Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan
Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa dalam PBM Penjaor
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis ke SDN 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang saat pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berlangsung, terlihat kurangnya motivasi sisiwa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya bentuk permainan kecil dilakukan sewaktu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh permainan kecil terhadap motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa SDN 48 Ganting sebanyak 89 Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumblah 25 Siswa. Teknik analisa data menggunakan rumus komparasi yaitu dengan uji t, namun sebelumnya seluruh data harus dinyatakan berdistribusi normal. Dari analisis yang dilakukan, nilai thitung antara tes awal dan tes akhir Motivasi siswa menunjukkan angka sebesar 8,00, dan selanjutnya nilai yang diperoleh dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan n – 1 (25 – 1 = 24) diperoleh 1,711. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung (8,00) > ttabel (1,711) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Permainan Kecil berpengaruh terhadap Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Downloads
References
Abdullah.(1994) Metode pendidikan jasmani.Jakarta, Depdiknas
Bucher (1972) Metode pendidikan jasmani Jakarta :Dirjen olahraga
Depdiknas (2006). Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta, Depdiknas.
Depdiknas RI No 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta,
Depdiknas. Depdikbud (1989) Pendidikan Jasmani. Depdikbud
Harsono (1988) Psikologi Pendidikan. Surabaya, Gramedia
Nana. (1989). Metoda Statistika. Bandung: Transito.
Khairuddin. (1999). Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Depdiknas.
Khairuddin.(1990).Metode Pembelajaran pendidikan jasmani,Depdiknas
Sarwono (1983) Psikologi Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Sardiman. (2004). Motivasi belajar. Jakarta,Rajawali
Soemitro. (1992). Permainan kecil Dikbud, Dirjen pendidikan tinggi proyek penbinaan tenaga pendidik.
Syafruddin. (2011), Ilmu Kepelatihan Olahraga, Padang : UNP.
Singgih Santoso. (2004), Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soemanto. (1990 ). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slamento. (1995). Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta
Stephen Robin (1999) Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Sudibyono,
Setyobroto. (1986). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Intermaju. Sudjana,
Sugiyono (2006) Skala Pengukuran Variabel - variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta
Thomburh (1989) Motivasi dalam Belajar . Skripsi. Padang, FIK.
Umar Nawawi. (2006). Fisiologi Olahraga. Padang: FIK UNP.
Umuri. (2008). Studi tentang Pelaksanaan UKS di Sekolah Dasar Negeri 24 Padang. Skripsi. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.
Prayitno, Elida.(1993). Pengetahuan Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto (1990). Motivasi pendidikan Jakarta : Rineka Cipta.
Williadi Rasyid, (1999). Permainan Kecil Padang : FPOK.
Winkel (1987). Psikologi Pendidikan.Semarang: Gramedia
Yosrita (2005). Proses Pembelajaran Pen/as Di SD Negeri 09 Muara Pcmas Kecamatan Bukit Sandi Kabupaten Solok. Skripsi, Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.
Zulkifli (2005). Persepsi Siswa Terhadap Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Penjas Di SMP N 4 Pariaman. Skripsi, Padang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang..
Copyright (c) 2020 Arie Asnaldi, Hilmainur Syampurma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.