Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa dalam PBM Penjaor

  • Arie Asnaldi Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang https://orcid.org/0000-0003-0472-8069
  • Hilmainur Syampurma Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Permainan Kecil, Motivasi Siswa, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis ke SDN 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang saat pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berlangsung, terlihat kurangnya motivasi sisiwa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh faktor kurangnya bentuk permainan kecil dilakukan sewaktu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh permainan kecil terhadap motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi Experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu Siswa SDN 48 Ganting sebanyak 89 Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive  sampling,  sampel pada penelitian ini berjumblah 25 Siswa. Teknik analisa data menggunakan rumus komparasi yaitu dengan uji t, namun sebelumnya seluruh data harus dinyatakan berdistribusi normal. Dari analisis yang dilakukan, nilai thitung antara tes awal dan tes akhir Motivasi siswa menunjukkan angka sebesar 8,00, dan selanjutnya nilai yang diperoleh dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan n – 1 (25 – 1 = 24) diperoleh 1,711. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung (8,00) > ttabel (1,711) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Permainan Kecil berpengaruh terhadap Motivasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (1998). Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi.

Abdullah.(1994) Metode pendidikan jasmani.Jakarta, Depdiknas

Bucher (1972) Metode pendidikan jasmani Jakarta :Dirjen olahraga

Depdiknas (2006). Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta, Depdiknas.

Depdiknas RI No 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta,

Depdiknas. Depdikbud (1989) Pendidikan Jasmani. Depdikbud

Harsono (1988) Psikologi Pendidikan. Surabaya, Gramedia

Nana. (1989). Metoda Statistika. Bandung: Transito.

Khairuddin. (1999). Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Depdiknas.

Khairuddin.(1990).Metode Pembelajaran pendidikan jasmani,Depdiknas

Sarwono (1983) Psikologi Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Sardiman. (2004). Motivasi belajar. Jakarta,Rajawali

Soemitro. (1992). Permainan kecil Dikbud, Dirjen pendidikan tinggi proyek penbinaan tenaga pendidik.

Syafruddin. (2011), Ilmu Kepelatihan Olahraga, Padang : UNP.

Singgih Santoso. (2004), Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soemanto. (1990 ). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamento. (1995). Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta

Stephen Robin (1999) Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Sudibyono,

Setyobroto. (1986). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Intermaju. Sudjana,

Sugiyono (2006) Skala Pengukuran Variabel - variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta

Thomburh (1989) Motivasi dalam Belajar . Skripsi. Padang, FIK.

Umar Nawawi. (2006). Fisiologi Olahraga. Padang: FIK UNP.

Umuri. (2008). Studi tentang Pelaksanaan UKS di Sekolah Dasar Negeri 24 Padang. Skripsi. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Prayitno, Elida.(1993). Pengetahuan Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto (1990). Motivasi pendidikan Jakarta : Rineka Cipta.

Williadi Rasyid, (1999). Permainan Kecil Padang : FPOK.

Winkel (1987). Psikologi Pendidikan.Semarang: Gramedia

Yosrita (2005). Proses Pembelajaran Pen/as Di SD Negeri 09 Muara Pcmas Kecamatan Bukit Sandi Kabupaten Solok. Skripsi, Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Zulkifli (2005). Persepsi Siswa Terhadap Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Penjas Di SMP N 4 Pariaman. Skripsi, Padang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang..
Published
2020-09-26
How to Cite
Asnaldi, A., & Syampurma, H. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science, 20(2), 97-106. https://doi.org/10.24036/jss.v20i2.48

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.