Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesegaran Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Bertaraf Internasional Kota Padang

Aktivitas Fisik, Kesegaran Jasmani

  • Hilmainur Syampurma Jurusan Pendidikan Olahraga FIK UNP
Keywords: Aktivitas Fisik,, Kesegaran Jasmani,, Bertaraf Interasional

Abstract

Rendahnya tingkat kesegaran Jasmani siswa SMP Bertaraf Internasional Kota Padang yang lebih diduga karena dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan hubungan aktivitas fisik dengan kesegaran jasmani siswa SMP Bertaraf Internasional Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Populasi adalah semua siswa laki-laki SMP Bertaraf Internasional Kota Padang yang berjumlah 448 orang. Sampel penelitian sebanyak 67 orang atau 15% dari populasi dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur Kesegaran Jasmani (Y) adalah Multistage Fitness Test (Tes MFT) dan Aktivitas Fisik (X) dengan Angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat hubungan yang signifikan aktivitas fisik dengan kesegaran jasmani, dengan Rhit (0,51) > Rtab (0,23) dan memberikan kontribusi sebesar 26,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kesegaran jasmani siswa SMP Bertaraf Internasional Kota Padang dapat dilakukan dengan peningkatan aktivitas fisik serta memperhatikan faktor-faktor pendukung yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisapoetra, Iskandar Z., dkk. 1999. ”Panduan Teknis Tes dan Latihan Kebugaran Jasmani untuk Anak Usia Sekolah”. Makalah Seminar dan Widiakarya Nasional Olahraga dan Kebugaran Jasmani, Jakarta: 6-7 September.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Andri Darus Sholihi, Sugiarto ANALISIS AKTIVITAS FISIK DAN AKTIVITAS BELAJAR PADAMAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MEMANFAATKAN WAKTU LUANG unnes.ac.id J SSF 4 (4): Semarang, Indonesia (2015).

BSNP dan Pusat Kurikulum. 2006. Panduan Pengembangan Diri untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
de Vries, Herbert A. and Terry J. Housch. 1994. Physiology of Exercise for Physical Education, Athletic and Exercise Science. Dubuque: WBC. Brown & Bench Mark Publishers.
Direktorat Jenderal Olahraga. 2000. Seleksi dan Penelusuran Minat dan Bakat Olahraga. Jakarta: Depdiknas.
Echols, John M., dan Hassan Shadily. 1998. Kamus Inggris-Indonesia An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT. Gramedia.
Gusril. 2004. ”Beberapa Faktor yang Berkaitan dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Padang”. Disertasi tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Lutan, Rusli. 2001. Pendidikan Kebugaran Jasmani Orientasi Pembinaan di Sepanjang Hayat. Jakarta: Depdiknas.
Pusat Kebugaran Jasmani dan Rekreasi. 1997. Petunjuk Pelaksanaan Pola Umum Pembinaan dan Pengembangan Kebugaran Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani. 2000. Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga bagi Pelatih, Olahragawan, dan Pelajar. Jakarta: Depdiknas.
Syampurma, Hilmainur. dkk. 2017.Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Jurnal Media Ilmu Ke olahragaan Indonesia. Volume 7. Nomor 1 : 2829

Sajoto, Mochamad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sudarno. 1992. Pendidikan Kebugaran Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Polis: Bulgess Publishing Company.
Syafruddin (1992). Pengantar Ilmu Melatih. FPOK IKIP. Padang.
Sugioyono.2007. Statistika Untuk Penelitian.Bandung:Alfabeta.
Undand-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2004 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Diperbanyak oleh BP. Cipta Jaya.
Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.
Yusuf, A. Muri. 2005. Metodologi Penelitian Dasar-Dasar Penyelidikan dan Ilmiah. Padang: UNP Press.
Published
2018-01-20
How to Cite
Syampurma, H. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesegaran Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Bertaraf Internasional Kota Padang. Sport Science, 18(1), 55-65. https://doi.org/10.24036/jss.v18i1.43

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.