Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar

  • Fahmil Haris Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Gaya mengajar, Keterampilan Gerak Dasar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah buruknya kualitas gerak dasar  yang ditampilkan oleh siswa sekolah dasar di Kecamatan Kuranji Padang pada saat jam  pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya mengajar terhadap keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar kecamatan kuranji padang. Secara khusus, pengaruh gaya mengajar yang dimaksud melalui pendekatan ke efektivan gaya mengajar inkuiri dan komando pada keterampilan gerak dasar siswa kelas V di kecamatan kuranji padang.

Jenis penelitian ini  menggunakan metoda eksperimen dengan rancangan the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa  yang berada pada tahun ajaran 2012/2013 di Sekolah Dasar kecamatan Kuranji Padang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan teknik random sampling sehingga 34 siswa yang ditetapkan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes, berupa tes keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan uji – t sampel terikat.

Hasil temuan, (1) gaya mengajar inkuiri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar siswa , (2) gaya mengajar komando berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar siswa, dan (3) gaya mengajar inkuiri lebih baik dibanding gaya mengajar komando terhadap keterampilan gerak dasar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, I. (2018) ‘UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS TEST OF GROSS MOTOR DEVELOPMENT-2 (TGMD-2) DALE A. ULRICH PADA ANAK USIA 9 TAHUN (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas 3 SDN 201 Sukaluyu Kota Bandung)’. Universitas Pendidikan Indonesia.

Firmansyah, H. (2011) ‘Pengaruh Gaya Mengajar dan Umpan Balik Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Senam’, penjasor, 30.

Gentier, I. et al. (2013) ‘Fine and gross motor skills differ between healthy-weight and obese children’, Research in developmental disabilities. Elsevier, 34(11), pp. 4043–4051.

Haris, F. and Amsal, M. F. (no date) ‘PENINGKATAN KUALITAS GURU PJOK DALAM MENGHASILKAN KARYA ILMIAH DAN PENGETAHUAN INFORMASI TEKNOLOGI DI SDN KECAMATAN KOTO IX TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN’, EDUTECH, 1(1).

Haris, F. and Mukhtarsyaf, F. (2018) ‘Pengembangan Model Pembalajaran Motorik Berbasis Media Audio visual Bagi Siswa SDN di Kecamatan Kuranji Padang’, JURNAL STAMINA, 1(1), pp. 359–369.

Hinshaw, K. E. (1991) ‘The effects of mental practice on motor skill performance: Critical evaluation and meta-analysis’, Imagination, Cognition and Personality. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA, 11(1), pp. 3–35.

Sari, E. F. N. and Sukiri, S. (2019) ‘Basic Locomotor Movement of First Grade Students of Elementary School’, in 5th International Conference on Physical Education, Sport, and Health (ACPES 19). Atlantis Press.

Silitonga, P. (2015) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dan Kreativitas terhadap keterampilan Proses Sains’. UNIMED.

Sudjana, N. (2001) ‘Tuntunan penyusunan karya ilmiah’, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Published
2020-01-23
How to Cite
Haris, F. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Sport Science, 20(1), 58-64. https://doi.org/10.24036/jss.v20i1.40

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.