Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah buruknya kualitas gerak dasar yang ditampilkan oleh siswa sekolah dasar di Kecamatan Kuranji Padang pada saat jam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh gaya mengajar terhadap keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar kecamatan kuranji padang. Secara khusus, pengaruh gaya mengajar yang dimaksud melalui pendekatan ke efektivan gaya mengajar inkuiri dan komando pada keterampilan gerak dasar siswa kelas V di kecamatan kuranji padang.
Jenis penelitian ini menggunakan metoda eksperimen dengan rancangan the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada pada tahun ajaran 2012/2013 di Sekolah Dasar kecamatan Kuranji Padang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan teknik random sampling sehingga 34 siswa yang ditetapkan sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes, berupa tes keterampilan. Data dianalisis dengan menggunakan uji – t sampel terikat.
Hasil temuan, (1) gaya mengajar inkuiri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar siswa , (2) gaya mengajar komando berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak dasar siswa, dan (3) gaya mengajar inkuiri lebih baik dibanding gaya mengajar komando terhadap keterampilan gerak dasar siswa.
Downloads
References
Firmansyah, H. (2011) ‘Pengaruh Gaya Mengajar dan Umpan Balik Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Senam’, penjasor, 30.
Gentier, I. et al. (2013) ‘Fine and gross motor skills differ between healthy-weight and obese children’, Research in developmental disabilities. Elsevier, 34(11), pp. 4043–4051.
Haris, F. and Amsal, M. F. (no date) ‘PENINGKATAN KUALITAS GURU PJOK DALAM MENGHASILKAN KARYA ILMIAH DAN PENGETAHUAN INFORMASI TEKNOLOGI DI SDN KECAMATAN KOTO IX TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN’, EDUTECH, 1(1).
Haris, F. and Mukhtarsyaf, F. (2018) ‘Pengembangan Model Pembalajaran Motorik Berbasis Media Audio visual Bagi Siswa SDN di Kecamatan Kuranji Padang’, JURNAL STAMINA, 1(1), pp. 359–369.
Hinshaw, K. E. (1991) ‘The effects of mental practice on motor skill performance: Critical evaluation and meta-analysis’, Imagination, Cognition and Personality. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA, 11(1), pp. 3–35.
Sari, E. F. N. and Sukiri, S. (2019) ‘Basic Locomotor Movement of First Grade Students of Elementary School’, in 5th International Conference on Physical Education, Sport, and Health (ACPES 19). Atlantis Press.
Silitonga, P. (2015) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dan Kreativitas terhadap keterampilan Proses Sains’. UNIMED.
Sudjana, N. (2001) ‘Tuntunan penyusunan karya ilmiah’, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Copyright (c) 2020 Fahmil Haris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.