Penerapan Permainan Kecil dalam Proses Pembelajaran Penddikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Hesti Yose Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • M Ridwan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran, Permainan Kecil, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Abstract

Masalah yang di kemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan permainan kecil dalam proses pembelajaran penjas orkes di MTsN MODEL gunung pangiun padang,sehubungan dengan masalah di atas maka penulisan bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan permainan kecil dan proses pembelajaran Penjasorkes

Jenis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran Penjas Orkes di MTsN Model Gunung Pangilun Padang. Penelitian ini berbentuk deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh murid kelas VIII MTsN MODEL Padang yang berjumlah 501 orang, Teknik sampel yang digunakan adalah Random Sampling diambil 10% berjumlah 50 orang. Alat pengumpulan data adalah kuesionoer menggunakan model skala Guttman dengan kategori Ya dan Tidak. Analisis data menggunakan teknik prosentase.

Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran Penjas Orkes di Gunung Pangilun dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan penilaian siswa diperoleh sebanyak 43 orang (86%) responden menyatakan Ya, dan 7 orang (14%) responden menyatakan Tidak. Dari hasil ini menunjukkan bahwa penerapan permainan kecil akan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dan juga dapat meningkatkan intelektual siswa. Selain itu permainan kecil ini dapat disesuaikan dengan kondisi sarana dan prasarana yang ada. Dengan penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran penjas orkes diharapkan siswa lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Thonthowi (1991: 68) Motivasi.

Alimunar (1993: 3) Permainan Kecil. Padang FPOK. Padang.

Eddy Supsrman, dkk. (1996: 1). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Angkasa

GBHN. (1999:36). Pendidikan Nasional.

Kamus bahasa Indonesia. (1994: 14). Sarana dan Prasarana.

Kepmen P dan K RI No. 25 /V / 1999. sarana dan prasarana.

Mujiran, dkk. (2003: 47). Perkembangan Peserta Didik. Padang: Tim MKDK FIP.

M Yanis. (1984: 40). Sarana dan Prasarana.

Nasrun, Azhar. (1993: 1). Sarana dan Prasarana Olahraga dalam Sistem Pembinaan Olahraga: Jakarta.

PP No. 19/ 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Ridwan. (2004). Statistik untuk Lembaga dan Instansi Pemerintah atau Swasta: Bandung: Alfabeta.

Smith dan Soemitro. (1992: 2). Permainan Kecil: Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tentang Pendidikan.

Soemitro. (1991). Permainan Kecil. Jakarta,Depdikbub

Slamento. (1987). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengruhi, Surabaya

Soemitro. (1992). Permainan Kecil. Depdikbud.

Sudjana. (1989). Metode Statistika. Bandung: Trasito.

Umar, Ali ( 2004 ). Pengantar Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. FIK UNP

UU No. 20/ 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirjantoso. (1984). Sarana dan Prasarana.

Zulkilfli. 2009. Persepsi Siswa terhadap Permainan Kecil dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 4 Pariaman. Skripsi FIK UNP.

Published
2017-01-15
How to Cite
Yose, H., & Ridwan, M. (2017). Penerapan Permainan Kecil dalam Proses Pembelajaran Penddikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sport Science, 17(1), 1-9. https://doi.org/10.24036/jss.v17i1.4

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.