Manfaat Modifikasi Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  • Reza Yukaisep Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Arif Fadli Muchlis Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Mofidikasi Permainan, Proses Belajar Mengajar, Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Abstract

Pembelajaran penjasorkes di SDN 12 Punggung Lading Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman masih ditemui banyak kasus di lapangan yang kurang tepat dan tidak diharapkan oleh siswa, antara lain: menggunakan alat dan peraturan orang dewasa. Tentu siswa akan malas dan kurang termotivasi untuk melakukan praktek dalam pembelajaran Penjasorkes. Hal ini disebabkan secara fisik dan psikis anak belum mendukung, dengan adanya modifikasi alat dan peraturan memungkinkan siswa lebih termotivasi dalam proses belajar mengajar secara baik. Sebab setiap partisipasinya mendorong untuk bekerjasama dan siswa akan merasa senang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap manfaat modifikasi permainan kecil dalam proses belajar mengajar, hal ini muncul karena selama ini siswa cenderung tidak termotivasi terhadap pelajaran Penjasorkes, sehingga siswa tidak mendapatkan kesegaran jasmani dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Waktu penelitian pada bulan Juni s/d Juli 2011.

Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 12 Punggung Lading Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman kelas IV dan kelas V yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 11 orang putra, dan 13 orang putri. Penarikan sampel dilakukan denganĀ  teknik total sampling, yaitu dengan mengambil secara keseluruhan dari populasi, jadi sampel berjumlah 24 orang. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah Angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Guttmant. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase.

Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: variabel peranan permainan kecil terhadap pembelajaran dari 29 pertanyaan yang diajukan tingkat capaian responden mencapai 68,10%. Dari temuan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat capaian peranan manfaat modifikasi permainan kecil dalam proses belajar mengajar pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SDN 12 Punggung Lading Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman dikategorikan cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto , Suharsimi (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: P2LPTK.

Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16-27. doi:10.24036/jm.v3i2.75

Depdikbud (1993). Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan Sekolah Dasar.

Gagne dan Briggs (1960). Nutrition and Physical Fitness. Philadephia

Hadi .(1993). Metode Penelitian. Jakarta Balai Pustaka

Jones, Don. (1995). Bahan Penataran Modifikasi Olahraga kedalam Pendidikan Jasmani, tanggal 5-14 Juni. Surabaya. FPOK IKIP Surabaya.

Kiram, Yanuar (1992). Belajar Motorik. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Lutan, Rusli .(1998). Belajar Keterampilan Motorik. Pengantar teori dan metode. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutohir, T. Cholik (2002). The Futurof Physical Education in Indonesia. paper presented in the workshop-seminar on modification to sport with in physical education: an alternative strategy to teaching. Australian Indonesia sport program, 5-14 juni 1995. FPOK IKIP Surabaya.

Mutohir, T. Cholik dan Gusril (2008). Perkembangan Motorik Pada Masa Kanak-kanak. Padang. Direktorat Jenderal Olahraga Departemen Pendidikan Nasional.

Redawati, R., Asnaldi, A., & Mardela, R. (2017). Persepsi Guru-Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan. Sport Science, 17(1), 10-18. https://doi.org/10.24036/jss.v17i1.1

Sudjana (1992). Metode Statistika ( Edisi Ke-5 ). Bandung: Tarsito.

Suharta. (2002). Pedoman Pembinaan Kesegaran Jasmani . Jakarta. Dikbud.

Suparmo. (2000). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani. Jakarta. UNJ.

Published
2020-01-15
How to Cite
Yukaisep, R., & Muchlis, A. (2020). Manfaat Modifikasi Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sport Science, 20(1), 10-17. https://doi.org/10.24036/jss.v20i1.34

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.