Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat

  • Rama Afrengty Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Eldawaty Eldawaty Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Aldo Naza Putra Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Aktivitas Bermain, Kemampuan Motorik

Abstract

Masalah penelitian adalah rendahnya kemampuan motorik siswa untuk melihat kemungkinan factor-faktor penyebab rendahnya kemampuan motorik siswa ini, maka dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara aktivitas bermain dengan kemampuan motorik . Khususnya siswa di Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat Kota padang.

Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian korelasional atau menggunakan teknik korelasional.Populasi adalah seluruh siswa SD Negeri 11 Padang Barat yang berjumlah sebanyak 180 orang. Sample diambil dengan teknik purposive sampling, dengan demikian jumlah sample dalam penelitian  ini adalah 29 orang.Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer a) Pengamatan langsung kepada siswa untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas bermain yang dilakukan pada saat jam istirahat disekolah dan b) Hasil pengukuran tes kemampuan motorik.

Hasil analisis data menunjukan bahwa aktivitas bermain (X) dengan kemampuan motorik (Y) siswa putera menunjukan hubungan yang signifikan. Besarnya sumbangan aktivitas bermain terhyadap kemampuan motorik siswa putera sebesar 59.29%. Sedangkan untuk aktivitas bermain dengan kemampuan motorik siswa puteri menunujukan hubungan yang signifikan dan besarnya sumbangan aktivitas bermain terhadap kemampuan motorik siswa puteri adalah sebesar 53.35%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, 2003. Tes Kesegaran Jasmani lndonesia Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Depdiknas, 2003. Dasar-Dasar Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Proyek Pendidikan Jasmani Luar Biasa.

Gusril, 2003. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Kodya Padang. Disertasi. Jakarta: Pascasarjana, UNJ.

Gusril, 2005. Model Pengembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Padang: FlK-Universitas Negeri Padang.

Hadi, soetrisno, 1993. Metodologi Research. Jogjakarta: Andi Offset.

Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek-Aspek Psiklogis Dalam Coaching. Jakarta: P2lptk.

Helms, Donald B Dan Jeffrey. Tuner.1981. Child Behavior. New York: Holt Rinehart And Winston.

Kiram, Yanuar. 1992. Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud.

Kiram, Yanuar.2000. Belajar Motorik. Padang: FIK Universitas Negeri Padang.

Lutan, Rusli. 2002. Mengajar Untuk Belajar Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK Universitas Pendidikan lndonesia.

Luthan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta. Depdikbud.

Magil, Richard. 1980. Motor Learning Concepts Aplication. Dubuque: IOWA, C. Brown. Company Publisher.

Riduwan, 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Jakarta: Alfabeta.

Soemintro, 1992. Permainan Kecil. Jakarta: Depdikbud.

Soetjiningsih, 1995. Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: Universitas Airlangga.

Sukintaka, 1992. Teori Bermain Untuk Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.

Sukintaka, 2004. Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi Pembelajaran Dan Masa Depan. Bandung: Nuansa.

Wahjoedi. 2001. Landasan Evaluasi Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winarno. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.
Published
2020-01-15
How to Cite
Afrengty, R., Eldawaty, E., & Putra, A. (2020). Hubungan Aktivitas Bermain Dengan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Padang Barat. Sport Science, 20(1), 1-9. https://doi.org/10.24036/jss.v20i1.32

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.