Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas V Putra Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan

  • Osmila Osmila Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Rosmawati Rosmawati Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Ruri Famelia Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Motorik, Hasil Belajar, Pendidikan Jasmani Olahraga, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Belum di ketahui masalah pasti apa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Banyak faktor-faktor penyebab yang memungkinkan  rendahnya hasil belajar baik yang bersifat internal maupun eksternal. Adapun yang berfokus dalam penelitian ini tidak yang berkaitan dengan kemampuan motorik . Penulis ingin melihat apakah terdapat hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar . dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar.

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu suatu penelitian yang menetukan tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Adapun hubungan yang akan diteliti adalah variabel bebasnya kemampuan motorik dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 132 orang siswa yang terdiri dari 78 orang laki-laki dan 58 orang perempuan mulai dari kelas I sampai kelas VI dan mengingat keterbatasan waktu, tenaga, biaya, serta kemampauan yang dimiliki, maka penelitian ini tidak dilakukan terhadap semua populasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V (lima) putra saja yang berjumlah 20 diambil berdasarkan total random sampling.

Dengan melihat tabel distribusi t dengan dk = n – 23, diperoleh nilai ttabel 1.72, yaitu dari 1 -  α  atau 0.95 sebagai dk pembilang dan n – 2 (21) sebagai dk penyebut. Kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel , Ho yang menyatakan tidak terdapat hubungan antara table yang di tolak. Sebaliknya jika thitung < ttabel­ Ho diterima. Oleh karena itu thitung (4,835) > ttabel (1.72) maka Ho di tolak dan Ha diterima, dengan demikain dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable bebas dengan variable terikat. Dengan kata lain terdapat hubungan yang berarti antara Kemampuan Motorik dengan Hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahady, Muchtar, Hairy, Junusul. 1982. Kesegaran Jasmani. Padang; FPOK IKIP Padang.

Asril. 1999. Pembinaan Kondisi Fisik, Padang FIK UNP.

Bompa TO. 1983. Theory and Methodologi of Training: The key to atletic performance 2nd edition, lowa: Kendal/Hunt Pub. Company.

Cooper, Kenneth. 1982. Aerobic. Jakarta; PT. Gramedia.

Depdikbud. 1993. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 1993. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Cipta Jaya.

Depdiknas, 2002. Dasar-dasar Kepelatihan OLahraga. Jakarta: Proyek Pendidikan Jasmani Luar Biasa

Gusril, 2003. Fakto-faktor Yang mempengaruhi Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Kodya Padang. Disertasi. Jakarta: Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta

Kiram, Yanuar. 1992. Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud

Kiram, Yanuar. 2000. Belajar Motorik. Padang: FIK Universitas Negeri Padang

Lutan, Rusli. 2000. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes, Jakarta: Depdikbud.

Lutan Rusli. 2001. Asas-asas Pendidikan Jasmani, Jakarta: Dirjen OR.

Miller, K David, 2002. Measurment By The Phsycal Educator Why and How. New York: Mc Graw Hill Higher Education

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta; PT. Rineka Cipta.

Sudarno. 1992. Pendidikan Kesegaran Jasmani. Depdikbud; Jakarta

Sudjana. 1992. Teknik Regresi dan Korelasi. Bandung; Tarsito.

Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung; PT. Remaja Rosada Karya.

Setyo, Nugroho. 2005. Status Kemampuan Motorik Umum Siswa Sekola Sepak Bola di Kabupaten Sleman. Yogyakarta. FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukadiyanto. 2002. Teori dan Metodologi Melatih Fisik Petenis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukintaka, 2001. Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Badung: Nuansa.

Sukintaka, 2004. Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi Pembelajaran dan Masa depan. Bandung: Nuansa.

Published
2019-07-26
How to Cite
Osmila, O., Rosmawati, R., & Famelia, R. (2019). Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas V Putra Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan. Sport Science, 19(2), 89-100. https://doi.org/10.24036/jss.v19i2.30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.