Hubungan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Kelas V Putra Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Belum di ketahui masalah pasti apa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Banyak faktor-faktor penyebab yang memungkinkan rendahnya hasil belajar baik yang bersifat internal maupun eksternal. Adapun yang berfokus dalam penelitian ini tidak yang berkaitan dengan kemampuan motorik . Penulis ingin melihat apakah terdapat hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar . dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu suatu penelitian yang menetukan tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Adapun hubungan yang akan diteliti adalah variabel bebasnya kemampuan motorik dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 25 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 132 orang siswa yang terdiri dari 78 orang laki-laki dan 58 orang perempuan mulai dari kelas I sampai kelas VI dan mengingat keterbatasan waktu, tenaga, biaya, serta kemampauan yang dimiliki, maka penelitian ini tidak dilakukan terhadap semua populasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V (lima) putra saja yang berjumlah 20 diambil berdasarkan total random sampling.
Dengan melihat tabel distribusi t dengan dk = n – 23, diperoleh nilai ttabel 1.72, yaitu dari 1 - α atau 0.95 sebagai dk pembilang dan n – 2 (21) sebagai dk penyebut. Kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel , Ho yang menyatakan tidak terdapat hubungan antara table yang di tolak. Sebaliknya jika thitung < ttabel Ho diterima. Oleh karena itu thitung (4,835) > ttabel (1.72) maka Ho di tolak dan Ha diterima, dengan demikain dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable bebas dengan variable terikat. Dengan kata lain terdapat hubungan yang berarti antara Kemampuan Motorik dengan Hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Downloads
References
Ahady, Muchtar, Hairy, Junusul. 1982. Kesegaran Jasmani. Padang; FPOK IKIP Padang.
Asril. 1999. Pembinaan Kondisi Fisik, Padang FIK UNP.
Bompa TO. 1983. Theory and Methodologi of Training: The key to atletic performance 2nd edition, lowa: Kendal/Hunt Pub. Company.
Cooper, Kenneth. 1982. Aerobic. Jakarta; PT. Gramedia.
Depdikbud. 1993. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 1993. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Cipta Jaya.
Depdiknas, 2002. Dasar-dasar Kepelatihan OLahraga. Jakarta: Proyek Pendidikan Jasmani Luar Biasa
Gusril, 2003. Fakto-faktor Yang mempengaruhi Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Kodya Padang. Disertasi. Jakarta: Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta
Kiram, Yanuar. 1992. Belajar Motorik. Jakarta: Depdikbud
Kiram, Yanuar. 2000. Belajar Motorik. Padang: FIK Universitas Negeri Padang
Lutan, Rusli. 2000. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes, Jakarta: Depdikbud.
Lutan Rusli. 2001. Asas-asas Pendidikan Jasmani, Jakarta: Dirjen OR.
Miller, K David, 2002. Measurment By The Phsycal Educator Why and How. New York: Mc Graw Hill Higher Education
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
Sudarno. 1992. Pendidikan Kesegaran Jasmani. Depdikbud; Jakarta
Sudjana. 1992. Teknik Regresi dan Korelasi. Bandung; Tarsito.
Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung; PT. Remaja Rosada Karya.
Setyo, Nugroho. 2005. Status Kemampuan Motorik Umum Siswa Sekola Sepak Bola di Kabupaten Sleman. Yogyakarta. FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukadiyanto. 2002. Teori dan Metodologi Melatih Fisik Petenis. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukintaka, 2001. Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Badung: Nuansa.
Sukintaka, 2004. Teori Pendidikan Jasmani: Filosofi Pembelajaran dan Masa depan. Bandung: Nuansa.
Copyright (c) 2019 Osmila Osmila, Rosmawati Rosmawati, Ruri Famelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.