Peranan Mata Kuliah Micro teaching Terhadap Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata kuliah micro teaching terhadap pelaksanaan praktek lapangan kependidikan bidang studi Penjas. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif, dengan menggunakan jenis data primer. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan praktek lapangan kependidikan semester januari – juni 2006.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan praktek lapangan kependidikan semester januari – juni 2006 yang berjumlah 33 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Maka jumlah populasi secara keseluruhan menjadi sample dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk deskriptif karena hanya memaparkan gejala semata yaitu peranan mata kuliah micro teaching terhadap pelaksanaan praktek lapangan kependidikan.. Pengumpulan data menggunakan skala likert yang telah disesuaikan.
Untuk menjawab pertanyaan penelitian maka penulis menggunakan langkah – langkah yaitu pertama penyebaran angket, kedua pengumpulan angket serta menganalisis data. Dalam melakukan analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dengan rumus persentase. Sehingga setelah dianalisis secara keseluruhan dari semua sub variabel yang di paparkan pada pembahasan dapat diketahui bahwa, mahasiswa yang mengatakan peranan micro teaching terhadap pelaksanaan praktek lapangan kependidikan, 82,22% mahasiswa mengatakan peranannya sangat baik, 13% mahasiswa mengatakan peranannya baik, 13% mahasiswa mengatakan peranannya sedang, 4,78% mahasiswa mengatakan peranannya kurang, Kemudian setelah dicari dengan rumus tabulasi frekuensi maka diketahui, bahwa Mata Kuliah Micro teaching Tehadap Pelaksanaan praktek lapangan kependidikan sangat baik.
Dari hasil penelitian maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Mata Kuliah Micro teaching sangat berperan sekali terhadap pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan, yang tak lepas dari peranan dosen micro teaching dalam menyampaikan materi, membimbing, dan mengevaluasi, serta pelaksanaan pengajaran micro dan pelaksanaan praktek lapangan kependidikan itu sendiri. Ini semua dilakukan untuk keberhasilan mahasiswa dalam melaksanakan praktek lapangan kependidikan disekolah latihan.
Downloads
References
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science, 23(28), 1–15.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Gaffar, Muhammad Fakri. 1987. Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
IKIP. 1999. Buku pedoman Akademik. IKIP. Padang
Joni, T.Raka. 1980. Pengembanagan Kurikulum IKIP Suatu Kasus Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Depdikbud P3G.
Sudjana. 1989. Metode Statistik. Bandung :Tarsito
S.L. La Sulo. 1984. Pengajaran Mikro. Jakarta: Depdikbud.
W.S. Winkel. 1984. Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Yandianto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. M2s Bandung : Bandung.
Yusuf, Muri. 2002. Buku Pedoman Akademik UNP. UNP Padang: Padang.
UPPL. 2005. Buku Pedoman Pengalaman Praktek Lapangan. UNP Padang: Padang.
UPPL. 2005. Buku Pedoman Mikro. UNP Padang: Padang.
UU RI No 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Kaldera Pustaka Nusantara
UU RI No 14. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kaldera Puastaka Nusantara.
Copyright (c) 2019 Umi Anifah, Madri M, Windo Wiria Dinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.