Peranan Mata Kuliah Micro teaching Terhadap Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi

  • Umi Anifah Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Madri M Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Windo Wiria Dinata Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Micro teaching, Praktek Lapangan Kependidikan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Rekreasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata kuliah micro teaching terhadap pelaksanaan praktek lapangan kependidikan bidang studi Penjas. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif, dengan menggunakan jenis data primer. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan praktek lapangan kependidikan semester januari – juni 2006.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah melaksanakan praktek lapangan kependidikan semester januari – juni 2006 yang berjumlah 33 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Maka jumlah populasi secara keseluruhan menjadi sample dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk deskriptif karena hanya memaparkan gejala semata yaitu peranan mata kuliah micro teaching terhadap pelaksanaan praktek lapangan kependidikan.. Pengumpulan data menggunakan skala likert yang telah disesuaikan.

Untuk menjawab pertanyaan penelitian maka penulis menggunakan langkah – langkah yaitu pertama penyebaran angket, kedua pengumpulan angket serta menganalisis data. Dalam melakukan analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dengan rumus persentase. Sehingga setelah dianalisis secara keseluruhan dari semua sub variabel yang di paparkan pada pembahasan dapat diketahui bahwa, mahasiswa yang mengatakan  peranan micro teaching terhadap pelaksanaan praktek lapangan kependidikan, 82,22% mahasiswa mengatakan peranannya sangat baik, 13% mahasiswa mengatakan peranannya baik, 13% mahasiswa mengatakan peranannya sedang, 4,78% mahasiswa mengatakan peranannya kurang, Kemudian setelah dicari dengan rumus tabulasi frekuensi maka diketahui, bahwa Mata Kuliah Micro teaching Tehadap Pelaksanaan praktek lapangan kependidikan sangat baik.

Dari hasil penelitian maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Mata Kuliah Micro teaching sangat berperan sekali terhadap pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan, yang tak lepas dari peranan dosen micro teaching dalam menyampaikan materi, membimbing, dan mengevaluasi, serta pelaksanaan pengajaran micro dan pelaksanaan praktek lapangan kependidikan itu sendiri. Ini semua dilakukan untuk keberhasilan mahasiswa dalam melaksanakan praktek lapangan kependidikan disekolah latihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnaldi, A. (2008). Hakekat Kreativitas. In BlogSpot (Issue Hurlock 1978, pp. 1–2). BlogSpot. https://artikel-pendidikan.blogspot.com/search?updated-max=2008-02-08T19:51:00-08:00&max-results=1&start=4&by-date=false
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science, 23(28), 1–15.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Gaffar, Muhammad Fakri. 1987. Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
IKIP. 1999. Buku pedoman Akademik. IKIP. Padang
Joni, T.Raka. 1980. Pengembanagan Kurikulum IKIP Suatu Kasus Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Depdikbud P3G.
Sudjana. 1989. Metode Statistik. Bandung :Tarsito
S.L. La Sulo. 1984. Pengajaran Mikro. Jakarta: Depdikbud.
W.S. Winkel. 1984. Psikologi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Yandianto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. M2s Bandung : Bandung.
Yusuf, Muri. 2002. Buku Pedoman Akademik UNP. UNP Padang: Padang.
UPPL. 2005. Buku Pedoman Pengalaman Praktek Lapangan. UNP Padang: Padang.
UPPL. 2005. Buku Pedoman Mikro. UNP Padang: Padang.
UU RI No 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Kaldera Pustaka Nusantara
UU RI No 14. 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kaldera Puastaka Nusantara.
Published
2019-07-26
How to Cite
Anifah, U., M, M., & Dinata, W. (2019). Peranan Mata Kuliah Micro teaching Terhadap Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Sport Science, 19(2), 61-73. https://doi.org/10.24036/jss.v19i2.28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.