Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

  • Sepdiyatman Sepdiyatman Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang
  • Yaslindo Yaslindo Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang
  • Witarsyah Witarsyah Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi Siswa, Keterampilan Guru, Pembelajaran Penjasorkes

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan  Di SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa-Siswi SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari siswa kelas IV sebanyak 235 orang yang terdiri dari 98 siswa dan 135 siswi, kelas V sebanyak 204 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 120 siswi serta kelas VI sebanyak 200 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 116 siswi.

Total populasi keseluruhan adalah sebanyak 639 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 10 % dari siswa-siswi kelas IV dan kelas V dengan menggunakan teknik Strata Stratified Purposive Random sampling yaitu siswa kelas IV sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan, kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Total keseluruhan 44 orang. Alat pengumpul data dilakukan dengan angket berskala Likert, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tabulasi frekuensi.

Hasil analisis data terhadap masing-masing variabel ditemukan, persepsi siswa terhadap guru dalam membuka pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (54,54%). Persepsi siswa terhadap guru dalam materi pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (58,40%).    Persepsi siswa terhadap guru dalam metode pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (52,98%). Persepsi siswa terhadap guru dalam menutup pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (52,27%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abizar. (1995). Strategi Instruksional. Padang : IKP Padang Press

Abdoellah, Arma. 1998. Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi, Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Bafirman. 1999. Sport Medicine. Padang : FIK UNP

Cooper, Kenneth. H. 1983. Aerobic. Terjemahan Antonius Adiwiyoto. Jakarta : Gramedia

Davies. Ivor. K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta : Rajawali Press

Depdikbud 1993. Pedoman Guru Olahraga. Jakarta : Depdikbud

Depdiknas. 2002. Ketahuilah Tingkat Kesegaran Jasmani Anda. Jakarta : Depdiknas Pusat Pengembangan Kwalitas Jasmani.

Dwijowinoto, Kasiyo. (1993). Dasar Ilmiah Kepelatihan. Semarang : IKIP Semarang.

Fardi, Adnan.1989. Hubungan antara kemampuan Loncat raihan dan squat thrusts secara berulang-ulang terhadap kemampuan lari 2400 meter pada siswa-siswi putra kelas satu SMA Kotamadya Padang. Tesis. Jakarta : PPS IKIP Jakarta.

Gallerman, Saul W. 1970. Motivation and Productivity. New Delhi : D.B. Taraporevala Sons & C.) Private

Handoko. 1996. Motivasi, Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta : Kanisius.

Hasan, Chodijah. 1994. Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya : Penerbit Ikhlas.

Hasibuan. SP. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Dasar dan Sumber Keberhasilan. Jakarta : Bulan Bintang.

Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI. 2005. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta : Presiden RI.

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2005. Penentuan Parameter Tes Pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar dan Sekolah Khusus Olahraga. Jakarta: Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya manusia Keolahragaan. Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga.

Kosbian, Heru. (2004). Tinjauan tentang Kemampuan Volume Oksigen Maksimal (VO2max) (skripsi). Padang: FIK UNP.

Maslow, Abraham H. 1954. Motivation and Personality. New York : Harper and Bross

Mourbas, Iswanelly. 1997. Hubungan Jumlah Konsumsi Makanan Terhadap Indeks Masa Tubuh Orang Dewasa di Kotamadya Padang tahun 1996. tesis. Jakarta : Program Pascasarjana UI.

Rimizowski. 1981. Designing Instructional System. New York. Nich Publishing Company.

Rinawati. (1996). Asuhan Keperawatan pada Klien Tuberkulosis Paru di Unit Rawat Inap Pria di RS. Achmad Muchtar Bukittinggi (skripsi). Padang: Akper Baiturrahmah Padang.

Sajoto, M. 1998. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Sardiman, A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.

Slamento. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Snelbeker, E. Elen. 1974. Learning Theory, instrucsional Theory and Physoeducational Design. New York ; Mc. Graw Hill.

Sudijono, Anas. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grapindo.

Sumosardjono, Sudduso. 1996. Sehat dan Bugar. Jakarta : PT. Gramedia

Soekarman, R. (1989). Dasar Olahraga untuk Pembinaan Pelatih dan Atlet. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Suratmin. (2007). Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dalam Peningkatan Volume Oksigen Maksimal. Singaraja : PoPari Bali.

Syrifuddin, 1997. Azaz dan Falsafah Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.

Tarjab. 1992. Ilmu Jiwa Pendidikan. Jakarta : Karya Abditama.

Umar. 2008. Fisiologi Olahraga. Padang : FIK UNP.

Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Remadja Rosdakarya.

Wirartha, I Made. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published
2018-01-25
How to Cite
Sepdiyatman, S., Yaslindo, Y., & Witarsyah, W. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sport Science, 18(1), 21-33. https://doi.org/10.24036/jss.v18i1.14

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.