Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa-Siswi SDN 10 Pasaman Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Tahun Ajaran 2010/2011 yang terdiri dari siswa kelas IV sebanyak 235 orang yang terdiri dari 98 siswa dan 135 siswi, kelas V sebanyak 204 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 120 siswi serta kelas VI sebanyak 200 orang yang terdiri dari 84 siswa dan 116 siswi.
Total populasi keseluruhan adalah sebanyak 639 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 10 % dari siswa-siswi kelas IV dan kelas V dengan menggunakan teknik Strata Stratified Purposive Random sampling yaitu siswa kelas IV sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan, kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Total keseluruhan 44 orang. Alat pengumpul data dilakukan dengan angket berskala Likert, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui tabulasi frekuensi.
Hasil analisis data terhadap masing-masing variabel ditemukan, persepsi siswa terhadap guru dalam membuka pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (54,54%). Persepsi siswa terhadap guru dalam materi pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (58,40%). Persepsi siswa terhadap guru dalam metode pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” yaitu dengan perolehan persentase (52,98%). Persepsi siswa terhadap guru dalam menutup pembelajaran diklasifikasikan “Cukup” dengan perolehan persentase (52,27%).
Downloads
References
Abizar. (1995). Strategi Instruksional. Padang : IKP Padang Press
Abdoellah, Arma. 1998. Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dirjen Pendidikan tinggi, Depdikbud.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Bafirman. 1999. Sport Medicine. Padang : FIK UNP
Cooper, Kenneth. H. 1983. Aerobic. Terjemahan Antonius Adiwiyoto. Jakarta : Gramedia
Davies. Ivor. K. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta : Rajawali Press
Depdikbud 1993. Pedoman Guru Olahraga. Jakarta : Depdikbud
Depdiknas. 2002. Ketahuilah Tingkat Kesegaran Jasmani Anda. Jakarta : Depdiknas Pusat Pengembangan Kwalitas Jasmani.
Dwijowinoto, Kasiyo. (1993). Dasar Ilmiah Kepelatihan. Semarang : IKIP Semarang.
Fardi, Adnan.1989. Hubungan antara kemampuan Loncat raihan dan squat thrusts secara berulang-ulang terhadap kemampuan lari 2400 meter pada siswa-siswi putra kelas satu SMA Kotamadya Padang. Tesis. Jakarta : PPS IKIP Jakarta.
Gallerman, Saul W. 1970. Motivation and Productivity. New Delhi : D.B. Taraporevala Sons & C.) Private
Handoko. 1996. Motivasi, Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta : Kanisius.
Hasan, Chodijah. 1994. Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya : Penerbit Ikhlas.
Hasibuan. SP. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Dasar dan Sumber Keberhasilan. Jakarta : Bulan Bintang.
Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya
Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI. 2005. Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta : Presiden RI.
Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2005. Penentuan Parameter Tes Pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar dan Sekolah Khusus Olahraga. Jakarta: Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya manusia Keolahragaan. Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga.
Kosbian, Heru. (2004). Tinjauan tentang Kemampuan Volume Oksigen Maksimal (VO2max) (skripsi). Padang: FIK UNP.
Maslow, Abraham H. 1954. Motivation and Personality. New York : Harper and Bross
Mourbas, Iswanelly. 1997. Hubungan Jumlah Konsumsi Makanan Terhadap Indeks Masa Tubuh Orang Dewasa di Kotamadya Padang tahun 1996. tesis. Jakarta : Program Pascasarjana UI.
Rimizowski. 1981. Designing Instructional System. New York. Nich Publishing Company.
Rinawati. (1996). Asuhan Keperawatan pada Klien Tuberkulosis Paru di Unit Rawat Inap Pria di RS. Achmad Muchtar Bukittinggi (skripsi). Padang: Akper Baiturrahmah Padang.
Sajoto, M. 1998. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.
Sardiman, A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.
Slamento. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Snelbeker, E. Elen. 1974. Learning Theory, instrucsional Theory and Physoeducational Design. New York ; Mc. Graw Hill.
Sudijono, Anas. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grapindo.
Sumosardjono, Sudduso. 1996. Sehat dan Bugar. Jakarta : PT. Gramedia
Soekarman, R. (1989). Dasar Olahraga untuk Pembinaan Pelatih dan Atlet. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.
Suratmin. (2007). Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dalam Peningkatan Volume Oksigen Maksimal. Singaraja : PoPari Bali.
Syrifuddin, 1997. Azaz dan Falsafah Penjaskes. Jakarta : Depdikbud.
Tarjab. 1992. Ilmu Jiwa Pendidikan. Jakarta : Karya Abditama.
Umar. 2008. Fisiologi Olahraga. Padang : FIK UNP.
Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Remadja Rosdakarya.
Wirartha, I Made. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi, dan Tesis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.