Persepsi Guru-Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan

  • Redawati Redawati Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
  • Arie Asnaldi Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi, Guru-Guru non penjas, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga

Abstract

Mata pelajaran pendidikan jasmani sangat besar perannya di sekolah, khususnya di Sekolah Dasar. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan didukung oleh beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain, diantaranya guru atau staf pengajar, peserta didik dan sarana prasaran, disini terlihat bahwa persepsi guru-guru non penjas terhadap pembelajaran penjas orkes di sekolah dasar khususnya di sekolah SD Gugus IV Sungai Jambu masih bervariasi. Kurangnya dukungan dari guru-guru non penjas terhadap pembelajaran penjas orkes disebabkan karena sarana prasarana pembelajaran penjas orkes yang tidak mencukupi, sehingga pembelajaran penjas orkes dianggap tidak begitu penting, dan kurikulum penjas orkes tidak diperhatikan. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan persepsi guru non penjas terhadap sarana prasarana pembelajaran penjas di Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Tanah Datar. 2)Mendeskripsikan persepsi guru non penjas terhadap proses pembelajaran penjas di Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Tanah Datar.

Metode penelitian adalah deskriptif tanpa memenipulasi data menurut Arikunto.a) Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 orang, b) Sampel berdasarkan populasi yang ada sebanyak 27 orang, dan untuk lebih representatif dalam menghimpun informasi data, maka untuk sampel diambil total sampling, maka didapat sebanyak 27 orang, c) Alat pengumpul data dalam penelitian ini dipakai angket disebarkan keseluruh responden, dengan rentang waktu satu minggu, dan alat analisis data dalam penelitian ini digunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dan hasil penemuan peneliti maka dapat dikemukakan sebagai berikut: 1) Sarana prasarana sebesar 84%. 2) Proses pembelajaran penjas orkes sebesar 75,4%. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Presepsi Guru - Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Penjas Orkes di Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar masuk dalam kategori Baik, yaitu sebesar 79,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1-15.

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24-29.

Published
2017-01-15
How to Cite
Redawati, R., & Asnaldi, A. (2017). Persepsi Guru-Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan. Sport Science, 17(1), 10-18. https://doi.org/10.24036/jss.v17i1.1

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.