Persepsi Guru-Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan
Abstract
Mata pelajaran pendidikan jasmani sangat besar perannya di sekolah, khususnya di Sekolah Dasar. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan didukung oleh beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain, diantaranya guru atau staf pengajar, peserta didik dan sarana prasaran, disini terlihat bahwa persepsi guru-guru non penjas terhadap pembelajaran penjas orkes di sekolah dasar khususnya di sekolah SD Gugus IV Sungai Jambu masih bervariasi. Kurangnya dukungan dari guru-guru non penjas terhadap pembelajaran penjas orkes disebabkan karena sarana prasarana pembelajaran penjas orkes yang tidak mencukupi, sehingga pembelajaran penjas orkes dianggap tidak begitu penting, dan kurikulum penjas orkes tidak diperhatikan. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan persepsi guru non penjas terhadap sarana prasarana pembelajaran penjas di Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Tanah Datar. 2)Mendeskripsikan persepsi guru non penjas terhadap proses pembelajaran penjas di Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Tanah Datar.
Metode penelitian adalah deskriptif tanpa memenipulasi data menurut Arikunto.a) Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 orang, b) Sampel berdasarkan populasi yang ada sebanyak 27 orang, dan untuk lebih representatif dalam menghimpun informasi data, maka untuk sampel diambil total sampling, maka didapat sebanyak 27 orang, c) Alat pengumpul data dalam penelitian ini dipakai angket disebarkan keseluruh responden, dengan rentang waktu satu minggu, dan alat analisis data dalam penelitian ini digunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dan hasil penemuan peneliti maka dapat dikemukakan sebagai berikut: 1) Sarana prasarana sebesar 84%. 2) Proses pembelajaran penjas orkes sebesar 75,4%. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Presepsi Guru - Guru Non Penjas terhadap Pembelajaran Penjas Orkes di Gugus IV Sungai Jambu Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar masuk dalam kategori Baik, yaitu sebesar 79,7%.
Downloads
References
Asnaldi, A. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Sport Science: Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Jasmani, 23(28), 1-15.
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24-29.
Silakan temukan hak dan lisensi dalam Ilmu Olah Raga: Jurnal Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani:
- Lisensi Penggunaan artikel non-komersial akan diatur oleh lisensi Atribusi Creative Commons seperti yang saat ini disetujui di Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Lisensi Atribusi Internasional (tautan: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/)
- Garansi Penulis. Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis lain, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang tidak valid, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa setiap izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
- Pengguna Keberanian untuk mengedarkan artikel yang diterbitkan sebebas mungkin. Di bawah lisensi Creative Commons, ini memungkinkan pengguna untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan bekerja hanya untuk tujuan non-komersial. Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan mendistribusikan karya dalam jurnal.
- Hak Penulis; a) Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel, seperti paten; b) Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam pekerjaannya di masa depan, termasuk kuliah dan buku; c) Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri, asalkan salinan tidak ditawarkan untuk dijual; d) Hak untuk mengarsipkan diri sendiri artikel tersebut; e) Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini .
- Co-Authorship Jika artikel ini disusun bersama oleh penulis lain, penandatangan formulir ini menjamin bahwa artikel tersebut telah diotorisasi oleh semua penulis bersama untuk menandatangani perjanjian ini atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis mereka tentang ketentuan perjanjian ini. .
- Pengakhiran Perjanjian ini dapat diakhiri oleh penulis atau setelah diumumkan dua bulan di mana pihak lain telah disetujui material yang disetujui Perjanjian dan gagal untuk memperbaiki yang ditentukan dalam waktu satu bulan setelah disetujui oleh pihak penghentian yang meminta perbaikan untuk diperbaiki. Tidak ada yang membantah atau melanggar perjanjian ini yang akan menyebabkan perjanjian ini atau lisensi apa pun yang diberikan di sini untuk yang didukung otomatis atau beresolusi Jurnal MensSana: Jurnal Olahraga, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
- Royalti Perjanjian ini memberikan penulis hak untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan oleh hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel menerima penggunaan artikel oleh atau pemegang lisensinya.
- Pernyataan Privasi, Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs web jurnal ini akan digunakan untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain. Namun, karena kemajuan dan persetujuan teknik peretasan dan penambangan data yang ditemukan melalui Internet, Jurnal MensSana: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Olahraga tidak akan dapat menjamin bahwa pihak lain tidak akan menambang alamat email pengguna kami dengan cara apa pun yang dapat ditemukan melalui internet.